CSR


 

LATAR BELAKANG

 

Corporate Social Responsibility (CSR) BPD Kaltim merupakan bagian integral dari upaya sungguh-sungguh menyelenggarakan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang menjadi pedoman tata kelola perusahaan.

 

GCG mengamanatkan dalam prinsip ketiga yaitu Responsibilitas (Responsibility) bahwa perusahaan harus mematuhi peraturan perundang-undangan serta melaksanakan tanggungjawab terhadap masyarakat dan lingkungan, sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang dan mendapat pengakuan sebagai good corporate citizen melalui perencanaan dan pelaksanaan yang memadai. Oleh karena itulah pelaksanaan Corporate Social Responsibility memiliki peran penting bagi perusahaan, baik yang memang telah diwajibkan oleh Undang-Undang maupun yang tidak seperti halnya dalam industri perbankan.

 

VISI dan MISI

 

VISI Program
Membangun kepedulian, harmonisasi dan kemandirian masyarakat guna menunjang pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

 

MISI Program
1. Melaksanakan komitmen korporat dalam upaya membangun kepedulian dan kemandirian ekonomi masyarakat.
2. Melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
3. Menciptakan citra dan reputasi positif perusahaan untuk mendukung pencapaian tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan.
4. Membangun hubungan yang sinergis dan harmonis antara perusahaan, shareholders dan stakeholders untuk mendukung keberlanjutan operasional perusahaan.

 

ACUAN STRATEGI PROGRAM

 

  • Pelaksaaan CSR BPD Kaltim mengacu pada ISO 26000.
  • Berdasarkan analisis core subjects ISO 26000 yang memetakan pentingnya keaktifan perusahaan dalam memberi perhatian terkait isu konsumen dan keterlibatan komunitas dan pembangunan, maka program Corporate Social responsibility BPD Kaltim terfokus pada bidang-bidang sebagai berikut: 
    1. Edukasi keuangan
    2. Pendidikan
    3. Pemberdayaan ekonomi masyarakat
    4. Kegiatan sosial masyarakat dan kepemudaan
    5. Kegiatan responsif (bencana alam, bencana kemanusiaan, keagamaan dll)

 



<<Kembali